DetikHot

art

Pameran Seni Rupa Nusantara 2017 Temukan Potensi Perupa Baru

Rabu, 08 Mar 2017 16:17 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Pameran Seni Rupa Nusantara 2017 Temukan Potensi Perupa Baru Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Pameran seni rupa nusantara 2017 baru saja dibuka, Selasa (7/3) malam oleh Menteri Kebudayaan dan Pendidikan (Kemendikbud) Muhadjir Effendy. Eksibisi dua tahunan yang mengumpulkan karya melalui sistem aplikasi terbuka itu membuka peluang untuk menemukan perupa-perupa baru.

Hal tersebut dikatakan oleh kurator pameran Suwarno Wisetrotomo, saat mengisi seminar hari ini.

"Pameran ini bertujuan untuk menemukan perupa-perupa baru. Kami menyadari sesungguhnya dominasi itu ada di Jawa dan Bali, tapi karena infrastruktur dan distribusi serta kesempatan yang tidak berimbang," tuturnya di ruang seminar Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, Rabu (8/3/2017).

Simak: 100 Seniman dari 26 Provinsi Tampil di Pameran Seni Rupa Nusantara 2017

Dari total perupa yang berpartisipasi, hampir 60 persen masih terbilang baru dan muda. "Sebanyak 20 persen menengah dan sisanya seniman profesional," lanjutnya lagi.

Mayoritas karya yang ditampilkan pun didominasi oleh lukisan dan gender laki-laki. "Faktanya begitu, karena kan kami dari sistem aplikasi terbuka, dan dibebaskan siapa saja mengirimkan aplikasi karyanya. Dan kenyataan yang terjadi sekarang memang seperti itu," ujar Suwarno.

Pameran Seni Rupa Nusantara 2017 yang bertajuk 'Rest Area' bisa dilihat hingga 27 Maret mendatang. Selain itu juga akan diselenggarakan Gallery Tour setiap Sabtu pada 11, 18, dan 25 Maret pukul 13.00 WIB.

Baca Juga: Pidi Baiq Tulis Novel Cerita tentang Ibunda Dilan


(tia/mmu)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed