DetikHot

art

Syaiful Garibaldi dan Bagus Pandega Raih Penghargaan Seniman Muda Art Jog 10

Sabtu, 20 Mei 2017 08:24 WIB  ·   Sukma Indah Permana - detikHOT
Syaiful Garibaldi dan Bagus Pandega Raih Penghargaan Seniman Muda Art Jog 10 Syaiful Garibaldi dan Bagus Pandega Raih Penghargaan Seniman Muda Art Jog 10 Foto: Sukma Indah Permana/detikHOT
Yogyakarta - Gelaran tahunan Art Jog 10 resmi dibuka pada Jumat (19/5) malam. Nama Bagus Pandega dan Syaiful A.Garibaldi berhasil lolos seleksi di penghargaan seniman muda pilihan Art Jog 10.

Ada 14 karya seniman muda yang diseleksi tim Art Jog 10. Sebanyak 8 seniman berasal Bandung, 5 seniman dari Yogyakarta dan sisanya berasal Jerman.

Salah seorang tim kurator Young Artist Award Hendro Wiyanto mengatakan tema Changing Perspektive yang diusung Art Jog tidak sekadar pindah dari kamar lama ke kamar baru.

Baca juga: GKR Mangkubumi Resmikan Art Jog 10

"Tema ini dipandang sebagai perubahan paradigma yang kita percaya dan sama-sama membuat lompatan berpikir. Temanya mengubah melalui pencarian dan penangguhan identitas diri yang bersinggungan antara seni dan non seni," tutur Hendro Wiyanto saat pembacaan pengumuman pemenang di Jogja National Museum, Jalan Prof Ki Amri Yahya, Yogyakarta, Jumat (19/4/2017).

Selain Hendro Wiyanto ada dua orang kurator lain. Di antaranya adalah Rifki Effendi dan Bambang 'Toko' Witjaksono.

GKR Mangkubumi Resmikan Art Jog 10GKR Mangkubumi Resmikan Art Jog 10 Foto: Sukma Indah Permana
"Juri memilih karya tahun ini yang seakan beragam tapi cara berpikir sama aja. Kami mencari seniman yang melampaui cara waras dan tidak sekadar pindah kamar. Sehingga mencapai perspektif-perspektif baru. Ada dua karya seniman diunggulkan, dianggap berhasil melakukan perubahan perspektif," tutur Hendro Wiyanto.

Karya Bagus Pandega yang berada di lantai satu Jogja National Museum adalah 'Random and Constant (oblique)'. Di Art Jog 10 kali ini, konsep karya Bagus Pandega menggabungkan antara ketidakteraturan dan konstan.

Baca juga: Ribuan Pengunjung Nikmati Meriahnya Pembukaan Art Jog 10

Pemenang kedua adalah Syaiful A Garibaldi yang di Art Jog 10 duet dengqn dr a shrii. Pria yang akrab disapa Tepi menampilkan tiga video berukuran besar tentang makhluk-makhluk pengurai seperti bakteria, fungi, atau cacing.

Art Jog 10 berlangsung dari Jumat (19/5) hingga Sabtu (17/6) mendatang di Jogja National Museum.
(sip/dar)
Photo Gallery
FOKUS BERITA: Art Jog 10
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed