DetikHot

tv-news

Cerita Tentang Rumitnya Bikin Animasi 'Adit Sopo Jarwo'

Kamis, 16 Mar 2017 10:56 WIB  ·   Mauludi Rismoyo - detikHOT
Cerita Tentang Rumitnya Bikin Animasi Adit Sopo Jarwo Foto: dok Trans TV
Jakarta - 'Adit Sopo Jarwo' merupakan animasi yang asli dibuat oleh anak bangsa. Ada banyak cerita mengenai pembuatan animasi tersebut.

Beni Sutanto sebagai Team Content and Design Creative 'ASJ' mengatakan bahwa, animasi tersebut dibuat setiap segmen. Menurutnya, satu segmen itu bisa sampai tujuh menit.

"Jadi untuk satu episode kita butuh tiga segmen. Sekarang kita bisa buat dalam satu bulan itu empat segmen, jadi 30 hari itu bisa menayangkan 28 menit," ungkapnya kepada detikHOT.

'ASJ' yang bernaung dalam MD Animation tersebut kini punya tim 100 orang. 70 di antaranya adalah animator. Beni menggaris bawahi bahwa semua animatornya asli orang Indonesia.

"80 persen itu anak-anak SMK, lulusan SMK," tuturnya.

Beni juga menyinggung sosok Eki N.F dan Dana Riza yang sejak awal menjadi penggagas 'ASJ'. Menurutnya, tak ada perjuangan yang mudah ketika pertama kali dibuat tahun 2012 lalu. Mereka harus melewati masa-masa sulit, sebelum akhirnya animasi tersebut bisa diterima oleh pasar.


"Dua nama itu merupakan co creator 'ASJ' dan Pak Manoj Punjabi juga sebagai co creator. Tapi the real creator 'Adit Sopo Jarwo' adalah Tuhan Yang Maha Esa, yang telah mengizinkan kita berkarya," kata Beni.

Dalam ceritanya, 'ASP' selalu memiliki formula khusus yang sampai saat ini masih dipertahankan. Setiap episodenya, mereka seperti wajib menampilkan sebuah template cerita.

"30 persen action, 30 persen komedi, 30 persen drama dan 10 persen bebas. Kita masih buat segmen kayak gitu, itu dimensi animasi ketika mulai terbentuk," kisahnya.

Dalam pembuatan dialog, mereka juga sangat memperhatikan detailnya. Apalagi ada beberapa adegan yang diisi dengan lagu-lagu.

"Kita sudah main di drama musikal, kita perhatikan syair, dialog dan adegannya. Kita detail dan harus diperhatikan dari menit demi menit," tukasnya.


(nu2/nu2)
Photo Gallery
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed